Cream Puff Nyum nyummy~

Cream Puff yang bahasa kerennya kue sus ini selalu bikin ngiler siapa aja.. apalagi kalau isiannya bukan vla, melainkan krim? Nyam nyammmm suedaaap beneer dah…

Kebetulan dua hari yang lalu mas pacar ulang tahun, jadi deh aku bikinin kue sus n tart coklat. ini nih tampilan kue susnya… tart coklatnya nggak usah soalnya juelek banget tampilannya, gara-gara niat nggak niat ngehiasnya…

sus krimKeliatannya enak banget kan? Tenang… rasanya seenak tampilannya kok! Apalagi itu tuh krimnya yang lumer di mulut hmmmm. Jadi keinget sama Papa Beard nggak? hehe. Ini sengaja aku nggak pake toping crust kayak papa beard soalnya ak bikinnya malem trus buat besok pagi. Jadi aku takut melempem, makanya aku bikin biasa aja…

Masalah resep sama aja kayak resep kue sus seperti biasanya, kalo kurang sreg sama resepku cari-cari aja sendiri udah banyak bertebaran di google search haha.. Ini resep daku dapat dari sodaraku… tapi resep vlanya udh aku otak atik sendiri huehehe

Bahan Kue Sus:

100 gr mentega/butter

200 ml air

160 gr tepung terigu protein tinggi

1 sdm gula pasir

1/2 sdt garam

4 butir telur ukuran sedang (kadang bisa 3 kalo telurnya gede, kalo kata sodaraku amannya ditimbang 300 gr)

Bahan Vla:

250 ml susu segar

25 gr tepung maizena

1 kuning telur

35 gr gula pasir

1 sdt pasta vanilla

50 gr whippedcream

Cara membuat:

Kulit sus

  1. Masak air, mentega, garam, gula pasir sampai mendidih. Masukkan terigu sambil diaduk-aduk sampai kalis, udah ga ada butiran-butiran terigu (pakai sendok kayu ataupun apapun yang kayu ya, soalnya berat, aku biasanya pake centong nasi kayu). Angkat, dinginkan.
  2. Masukkan telur satu persatu, sambil dikocok sampai rata. Hati-hati waktu ngemix, pertama berat, kedua gampang banget nyatu jadi agak ribet.
  3. Masukkan adonan ke piping bag. Semprot ke loyang yang udah dioles margarin tipis bentuk melingkar ke atas kayak rumah keong, kalo mau teksturnya bagus, bisa pake spuit bentuk bintang.
  4. Oven 200 derajat selama 20-30 menit atau sampai kuning kecoklatan.

Vla

  1. Aduk rata kuning telur, susu, gula pasir, maizena, kemudian masak hingga kental. Hati-hati biar nggak ada gumpalannya harus terus diaduk dengan api sedang, kayak lagi bikin bubur gitu. Kalau sudah meletup-letup, angkat, dinginkan.
  2. Kocok whippedcream dan vanilla hingga kaku.
  3. Satukan adonan 1 dan 2. Kalau mau ditambah rasa lain, tinggal dicampur dengan perisa lainnya, bisa bubuk green tea, atau bubuk coklat.

Kalau mau susnya kayak papabeard beneran, waktu bikin adonan sus di atasnya diberi toping crust:

50 gr tepung terigu, 50 gr margarin, 50 gr gula halus, 1 sdm air, dimix jadi satu, taruh piping bag, semprot di atas adonan kue sus bentuk melingkar penuh nutupin adonan.

Oh iya, resep kue sus papabeard itu biasanya isiannya pake dark cooking chocolate sih, browsing aja deh ntar nemu…. hahaha, males banget yak ini aku :p

Saran saya! jangan pernah meninggalkan kue sus yang sedang dipanggang, jangan pernah buka pintu oven sebelum matang karena BUUUM! kue sus langsung mengempis tanpa bisa diperbaiki lagi. Amannya aku selalu memastikan kue sus yang dipanggang warna coklatnya sudah rata, bukan gosong loh ya.. baru deh aku keluarin..

Selamat memasak! :*

Tinggalkan komentar