Ceritanya lagi ngidam poffertjes

Poffertjes. Pancake mini khas Belanda yang langsung bikin aku jatuh hati. Selain rasanya lebih lembut dari pancake biasanya, ukurannya yang mini imut-imut kayak aku ini bikin aku makin cintaaaaaa. Hihi. Dulu aku sering ngerasain poffertjes di Toko Oen, restoran yang punya menu khas Belanda gitu. Pingin beli cetakannya gitu biar bisa bikin sendiri, tapi yah apa daya kantong mahasiswa masih kering gitu deh.

Ehh, mas pacar cerita kalau mamanya ternyata punya cetakan poffertjes. Hah! aku mau bangett lahh mau bangeeet. Terus aku pinjem deh itu cetakan. Sekitar hampir sebulan ngendon di dapur aku nelurin poffertjes-poffertjes yang yummmyy. :9

Biasanya cetakan poffertjes itu bulat penuh, ada juga yang agak pipih, nah punya mamanya mas pacar ini bulat penuh jadi enak bikinnya, tinggal isi adonan setengah cetakan, masukkan filling, trus isi dikit lagi jangan banyak-banyak soalnya nanti ngembang. Kalo pake yang pipih tapi mau bulat penuh jg bisa bikinnya kayak bikin dorayaki. jadi bikin dua adonan, yang satu diberi filling, trus kalo udah setengah matang ditangkupkan keduanya sambil dibolak balik pake tusuk gigi/lidi biar menyatu.

Oh iya, di Belanda kebanyakan poffertjes itu pipih sih jadi bener-bener kayak pancake mini. Tapi kalo di Indonesia sukanya yang bulat-bulat kayak doraemon hihi.

Resep poffertjes kalo mau searching-searching di google sih ada banyak ya, kadang malah ada yang udah dimodifikasi. Ini resepnya yang udah aku otak-atik dikit.

Resep Poffertjes

150 gr tepung protein sedang

100 gr tepung protein tinggi

1 sdt ragi instan

50 gr gula pasir

3 kuning telur, kocok lepas (ukuran sedang aja ya…)

375 susu cair tawar (suhu ruangan, jangan dingin nanti adonannya agak bantet)

1/2 sdt vanilla

1/4 sdt garam

1/2 sdt baking powder (peres)

50 gr butter/margarin lelehkan

Fillingnya aku pake coklat blok sama keju melted. emang sih bentuknya kurang cantik soalnya coklatnya meleleh keluar, trus diakalinnya tuang adonan dikit taroh coklat, tuang adonan lagi hehe. Kalo pake keju melted juga herannya dia meleleh nyampur sama adonan. Tapi malah enak, jadi asin gurih hehe. Niatnya gitu kan waktu kita gigit itu poffertjes saus kejunya meleleh lumer gitu, eh malah nyampur, hehe.

Kalo orang-orang biasanya pake keju cheddar dipotong dadu atau diserut, terserah masing-masing yah buat fillingnya.

Cara membuat:

Ayak tepung terigu, masukkan gula pasir dan ragi instan, aduk rata.

Campur kuning telur dengan susu cair (dikit-dikit ya nuangin susu cairnya biar kuning telurnya nggak nyisa banyak). Trus dituangkan sedikit-sedikit ke tepung terigu tadi sambil diaduk rata pake whisk sampai halus dan licin. Diamkan 20-30 menit.

Masukkan vanilla, garam, baking powder dan maragarin leleh, aduk rata.

Panaskan cetakan poffertjes. Tuang adonan setengah lubang cetakan. Setelah agak berkulit masukkan filling, kemudian dibolak-balik pake tusuk gigi/lidi hingga bulat dan matang.

Angkat. Oles dengan butter/margarin leleh. kemudian sajikan dengan taburan gula halus.

Taraaa! ini hasilnyaa 😉

poffertjes

Liat dong coklatnya meleleh. nyuum nyuum… hihi. Ini gambar aku bikin bareng sodaraku yang juga super banget pinter masak. Oh iya, ini resep jadinya buanyak lho, kalo pingin buat keluarga kecil aja, bikin setengah resep juga udah banyaak.. hehe.

Selamat mencoba yaaaa! Salam dapur! haha 😀

Tinggalkan komentar